0896-1996-1995 marketing@kadokreatif.com

Hadiah Karikatur Bagi si Anak

Hadiah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain sebagai penghargaan atau kenang-kenangan/cenderamata salah satunya Hadiah Karikatur. Dalam dunia pendidikan, hadiah bisa dijadikan sebagai alat motivasi. Hadiah dapat diberikan kepada anak didik yang berprestasi, rangking satu, dua atau tiga dari anak didik lainnya. Dalam pendidikan modern, anak didik yang berprestasi tinggi memperoleh predikat sebagai anak didik teladan dan untuk perguruan tinggi/universitas disebut sebagai mahasiswa teladan.sebagai penghargaan atas prestasi mereka dalam belajar, uang beasiswa supersemar pun mereka terima setiap bulan dengan jumlah dan jangka waktu yang ditentukan.

Dan berikan hadiah untuk siswa yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Di samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar siswa yang berprestasi.

Dan Kita bisa pahami, bahwa Hadiah merupakan bagian integral dalam proses pendidikan. Pendidikan memang tidak hanya mempelajari dan mengamati berbagai bidang ilmu, tetapi juga pengembangan individu secara utuh yang menyangkut masalah intelektual, sikap mental, kematangan kejiwaan, interaksi sosial, dll. Hadiah merupakan salah satu tahapan dan konsekuensi langsung dalam proses penanaman nilai-nilai positif yang diajarkan.

Salah satu teknik atau metode pendidikan Islam adalah pendidikan dengan pemberian penghargaan. Penghargaan atau hadiah dalam pendidikan anak akan memberikan motivasi untuk terus meningkatkan atau paling tidak mempertahankan prestasi yang telah didapatnya, di lain pihak temannya yang melihat akan ikut termotivasi untuk memperoleh hal yang sama. pemberian penghargaan atau hadiah harus ada batasnya. Pemberian hadiah tidak bisa menjadi metode yang dipergunakan selamanya. Proses ini cukup difungsikan hingga tahapan penumbuhan kebiasaan saja. Manakala proses pembiasaan dirasa telah cukup, maka pemberianhadiah harus diakhiri. Maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah memberikan pengertian sedini mungkin kepada anak tentang pembatasan ini.

Dan Hadiah memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seorang anak. Apa pun dan bagaimana pun bentuknya, hadiah seringkali memang menjadi daya pikat tersendiri bagi anak. Oleh sebab itu, tidak sedikit Guru Sekolah yang menyediakan hadiah dalam berbagai kesempatan, misalnya:

  • Pemberian hadiah yang didasarkan pada jumlah kehadiran anak
  • Pemberian hadiah karena lomba dan sejenisnya
  • Pemberian hadiah karena prestasi pribadi anak, seperti: menghafal ayat hafalan, mengajak teman baru (meski perlu dipertanyakan apakah menghafal ayat dan mengajak teman baru boleh dikategorikan sebagai prestasi ataukah hal yang seharusnya dilakukan oleh anak) .
  • Pemberian hadiah saat hari khusus, seperti Natal dan Paskah
  • Pemberian hadiah karena anak berulang tahun

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *